TUGAS TOU 1 Minggu ke 4

Posted by Kenrick Setiawan
On Minggu, 21 Desember 2014


Hambatan-hambatan dalam komunikasi organisasi

        Ya, hambatan – hambatan dalam komunikasi organisasi. Dalam menjalin relasi dengan orang lain yang ada di dalam maupun diluar organisasi, kita membutuhkan komunikasi untuk mencapai keinginan individu atau tujuan bersama dan dalam proses organisasi tidaklah selalu mulus, tentunya akan banyak terjadi hambatan-hambatan pada perjalanananya. Hambatan yang sering muncul adalah hambatan komunikasi,
Berikut ini adalah macam-macam hambatan dalam organisasi yaitu :

1.     Hambatan dari Proses Komunikasi :
 Hambatan dari pengirim pesan misalnya pesan yang akan disampaikan belum jelas bagi dirinyaatau pengirim pesan, hal ini dipengaruhi oleh perasaan atau situasi emosional
Hambatan dalam penyandian/simbol. Hal ini dapat terjadi karena bahasa yang dipergunakan tidak jelas sehingga mempunyai arti lebih dari satu, simbol yang dipergunakan antara si pengirim dan penerima tidak sama atau bahasa yang dipergunakan terlalu sulit.
Hambatan media adalah hambatan yang terjadi dalam penggunaan media komunikasi, misalnya gangguan    suara radio dan aliran listrik sehingga tidak dapat mendengarkan pesan.
Hambatan dalam bahasa sandi. Hambatan terjadi dalam menafsirkan sandi oleh si penerima
Hambatan dari penerima pesan misalnya kurangnya perhatian pada saat menerima /mendengarkan pesan, sikap prasangka tanggapan yang keliru dan tidak mencari informasi lebih lanjut.
Hambatan dalam memberikan balikan Balikan yang diberikan tidak menggambarkan apa adanya akan tetapi memberikan interpretatif, tidak tepat waktu atau tidak jelas dan sebagainya.

2.       Hambatan Fisik
Hambatan fisik dapat mengganggu komunikasi yang efektif, cuaca gangguan alat    komunikasi, dan lain lain, misalnya: gangguan kesehatan, gangguan alat komunikasi dan sebagainya.
3.       Hambatan Semantik. 
Kata-kata yang dipergunakan dalam komunikasi kadang-kadang mempunyai arti mendua yang  berbeda, tidak jelas atau berbelit-belit antara pemberi pesan dan penerima.

4.        Hambatan Psikologis
Hambatan psikologis dan sosial kadang-kadang mengganggu komunikasi, misalnya; perbedaan nilai-nilai serta harapan yang berbeda antara pengirim dan penerima pesan.

5.      Hambatan Manusiawi
Terjadi karena adanya faktor, emosi dan prasangka pribadi, persepsi, kecakapan atau ketidakcakapan, kemampuan atau ketidakmampuan alat-alat pancaindera seseorang, dll. Klasifikasi Komunikasi dalam organisasi


Hambatan Komunikasi
1. Hambatan Teknis

Keterbatasan fasilitas dan peralatan komunikasi. Jenis hambatan teknis dari komunikasi yaitu tidak adanya rencana atau prosedur kerja yang jelas, kurangnya informasi atau penjelasan, kurangnya ketrampilan membaca, pemilihan media yang kurang tepat.

2. Hambatan Semantik

Gangguan semantik menjadi hambatan dalam proses penyampaian pengertian atau idea secara secara efektif. Untuk menghindari mis komunikasi semacam ini, seorang komunikator harus memilih kata-kata yang tepat sesuai dengan karakteristik komunikannya, dan melihat kemungkinan penafsiran terhadap kata-kata yang dipakainya.

3. Hambatan Manusiawi

Terjadi karena adanya faktor emosi dan prasangka pribadi, persepsi, kecakapan atau ketidakcakapan, kemampuan atau ketidakmampuan alat- alat pancaindera sese-
orang, dll.

       
Referensi :
http://digilib.unila.ac.id
 http://beruangkaki5.blogspot.com/2012/06/komunikasi-dalam-organisasi.html

0 komentar:

Posting Komentar