Etika Dalam Bersocial Media

Posted by Kenrick Setiawan
On Jumat, 18 Oktober 2013

Hallo saya akan menerangkan tentang pentingnya etika dalam bermedia sosial, Perkembangan jaman yang semakin maju, dan pengguna internet semakin banyak, pemakai sosial media sangat banyak di dunia ini. hal ini terbukti dari pengguna Facebook, twiiter, path, instagram, dan lain lain yang semakin banyak. Media Social juga sangat penting bagi masyarakat

Menggunakan Social Media kita harus memperhatikan etika, Agar terciptakan suasana nyaman dalam bersocial media. Kita sering melihat bahasa bahasa kasar yang di ucapkan pengguna social media lewat twitter dan facebook. Hal seperti ini sangat merusak bagi diri sendiri karena social media itu bisa di lihat di seluruh dunia.

Berikut adalah etika etika dalam bersosial media...

    • Batasi membagi seputar kehidupan pribadi,terlebih yang sangat pribadi dan sensitive
    • Walau di Facebook  dikolom update status bertuliskan ‘what’s on your mind’ bukan berarti kita bebas mengungkapkan segala yang kita rasakan di sosial media. 
    • Hati-hati bila check in place dan mengupdate sedang dimana kita berada. Aplikasi seperti FourSquare dan lainnnya.
    • Tidak berbicara dan membagi konten yang memiliki unsur SARA dan Pornografi
    • Hindari untuk mengupdate status yang berhubungan dengan privasi seperti sedang dirumah sendiri atau mengambil uang di Bank.
    • Bijak dalam mencantumkan personal informationPersonal information yang dimaksudkan adalah biodata yang ditampilkan di akun sosial media kita seperti alamat rumah, nomor telepon, tempat bersekolah, alamat email. Bila memang tidak penting, lebih baik tidak usah dicantumkan karena bisa dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggungjawab.

      sekian penjelasan beretika yang baik dan benar dari saya, TERIMA KASIH ^^

      KENRICK SETIAWAN (14113801)
      1KA28

      1 komentar: